Lama Waktu Outing Dan Hal Yang Harus Di Perhatikan Oleh Perusahaan

Mendengar kata outing yang terpikir di benak anda pastinya berhubungan dengan kegiatan berbagai permainan yang di adakan dengan tujuan untuk rekreasi dan berlibur supaya bisa menambah keakraban dan kebersamaan. Adanya kegiatan ini di harapkan bisa menambah semangat para peserta outing, dengan demikian bagi mereka yang sebelumnya penat, lelah, letih, dan stress dengan berbagai pekerjaan yang di laksanakan setiap harinya bisa sedikit fresh dengan kegiatan outing tersebut. Apalagi lama waktu Outing yang cukup singkat maupun lama, tetap mampu mengembalikan mood para karyawan.

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Menentukan Lama Waktu Outing

Company Gathering - PT Sampoerna (15)
Company Gathering – PT Sampoerna (15)

Menjalankan kegiatan outing ternyata tidak bisa dilakukan begitu saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya kegiatan outing dapat berjalan lancar. Hal ini juga berhubungan dengan lama waktu Outing, jadi waktu outing pun harus diperhatikan juga. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam outing yaitu,

  1. Mengetahui kebutuhan pegawai
    Mengetahui apa yang di inginkan karyawan menjadi salah satu hal yang penting untuk di mengerti oleh atasan. Misalkan, apakah karyawan ini menjalankan outing kantor dengan hanya jalan-jalan saja guna refreshing atau jalan-jalan sekaligus menambah bonding antara satu karyawan dengan karyawan yang lain, maupun mereka ingin jalan-jalan sembari menemukan inspirasi juga referensi.
    Maka hal yang bisa dilakukan dengan mangajak musyawarah seluruh karyawan supaya bisa mendapat masukan atau saran serta diharapkan pihak perusahaan dapat mendergarkan pendapat para karyawan. Disini bisa dijalankan dengan cara diskusi, polling, kuesioner, juga angket.
    Jika mengikuti kesamaan antara keinginan satu karyawan dengan karyawan yang lainnya mungkin akan berbeda, namun disini yang bisa dilakukan oleh pihak perusahaan adalah mencari jalan tengah dengan mengambil saran atau opini yang paling banyak.
  2. Menjadwalkan agenda yang akan di jalankan dalam outing
    Agenda ini berhubungan dengan keberangkatannya kapan, berapa lama, omodasi, penginapan, dan kegiatan yang akan di jalankan disana. Memperhatikan lama waktu outing bertujuan supaya perusahaan tetap produktif dalam kinerjanya, jadi lama waktu Outing harus diperhatikan dengan dibuatkan jadwal juga.
    Hal lain yang tidak kalah penting adalah makanan yang akan diberikan kepada peserta outing tersebut. Ajaklah karyawan yang ingin ikut andil dalam kegiatan outing tersebut, supaya karyawan merasa mereka ada dan di butuhkan dalam perusahaan tersebut.
    Menyiapkan tema outing juga penting banyak tema yang bisa di ambil dengan melihat tujuan outing tersebut apakah untuk learning new things untuk mempererat bonding, atau have new experiences, dan lain sebagainya. Kegiatan outing akan beda kegiatan atau acara juga sebab mengikuti tema yang ada.
    Buatlah jadwal yang jelas dalam kegiatan outing tersebut, dengan demikian akan jelas berapa lama waktu outing akan berjalan. Jadi, perusahaan dapat melihat apa dan bagaimana yang bisa dilakukan dalam memobilasi perusahaan selama kegiatan outing tersebut.
  3. Menyiapkan budget
    Siap menjalankan kegiatan outing artinya juga telah siap dengan budget yang akan digunakannya, maka sebelum itu ada baiknya anda mengacu pada agenda awal yang telah disusun. Dengan demikian anda bisa melihat keseluruhan budget yang dikeluarkan. Perusahaan mempunyai kewajiban mencukupi outing tersebut dan kemungkinan di ambilkan dari laba bersih perusahaan, atau ingin biaya yang lainnya semua itu terserah dari pihak perusahaannya.
    Terpenting kegiatan outing yang di jalankan tidak merusak cashflow perusahaan yang utama, sebab hal ini bisa membuat perusahaan masuk kategori bahaya.
  4. Menyiapkan kejutan
    Kejutan di berikan sebagai bentuk apresiasi perusahaan kepada karyawan, sebab karyawan memang harus dimanusiakan sehingga mereka tidak merasa sebagai budak tetapi sebagai teman kerja. Maka dengan mengumumkan karyawan dengan peforma baik juga rookie worker of the year, juga harus ada hadiahnya supaya lebih meriah.
    Adanya kejutan ini membuat karyawan semakin antusias dalam menjalankan kegiatan outing, di tambah lagi dengan adanya hadiah dalam berbagai bentuk. Dengan demikian kemungkinan besar para karyawan akan semakin have fun, menikmati kegiatan outing tersebut.

Tips memperhatikan lama waktu outing serta hal-hal penting lainnya berkaitan dengan kegiatan outing perusahaan, semoga bisa menjadi referensi untuk anda sehingga para karyawan semakin enjoy dengan kegiatan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *